3 Langkah Membuka Usaha Agar Hasilkan Untung

langkah_usaha_agar_untung

Untuk menambah penghasilan ataupun bahkan menghasilkan uang, membuka usaha bisa jadi salah satu peluang terbagus. Akan tetapi, langkah membuka sebuah usaha dapat saja cukup membingungkan. Tak tahu harus mulai dari mana. Padahal sebenarnya kamu tak perlu bingung. Membuka sebuah usaha tak selalu rumit. Mulailah dari yang sederhana dulu. Mulai dari hal paling dasar.

Apa saja langkah yang harus kamu mulai untuk membuka usaha? Berikut kami sebutkan lima langkah yang harus kamu pikirkan dan tempuh ketika ingin hasilkan untung dari sebuah usaha.

Membuka Usaha Dimulai dari Langkah ini

  1. Analisis usaha yang akan dijalankan

Yang pertama kali harus dipikirkan tentu saja adalah usaha apa yang akan dijalankan. Riset mengenai usaha apa yang kira-kira berprospek. Namun, jangan lupakan passion kamu sendiri. Mulailah usaha yang memang kamu kuasai. Sebagai contoh, kalau kamu suka dunia make-up dan mengerti banyak cara berdandan, mengapa tak coba usaha jualan kosmetik?

  1. Rencanakan konsep bisnis

Rencana adalah salah satu faktor paling mendasar yang harus disiapkan, khususnya untuk sebuah usaha. Jadi, siapkan konsep bisnis kamu dan platform apa yang akan digunakan. Contohnya, apakah kamu akan menjalankan bisnis secara offline ataupun online? Apakah kamu butuh secara real-time memantau transferan? Jika iya maka siapkan juga akun Internet Banking, seperti misalnya BRI Internet Banking yang akan digunakan untuk memantau pembayaran.

  1. Modal usaha

Yap! Modal usaha merupakan salah satu faktor paling penting yang harus dipikirkan. Memang, ada jenis usaha tertentu yang hampir tanpa modal. Namun, itu “hampir”, lho, ya! Bukan sama sekali tak perlu modal. Semisal kamu memulai sebuah bisnis online shop, kamu tentu butuh perangkat yang akan digunakan untuk terkoneksi Internet, bukan?

Itulah ketiga persiapan awal yang harus kamu sediakan di awal membuka usaha. Tak hanya itu saja, memperluas jaringan usaha pun perlu dipikirkan. Caranya bisa bekerja sama dengan orang lain atau berpromosi sendiri. Kamu bisa gunakan platform yang sesuai dengan usaha yang kamu geluti.

Oh ya, kalau kamu pada akhirnya memulai sebuah bisnis yang dijalankan secara online – jangan lupakan metode pembayaran yang cepat. Sebagaimana sudah disinggung di poin kedua, Internet Banking adalah salah satu akun yang wajib kamu punya. Tak hanya Internet Banking saja, kamu nasabah BRI juga bisa membuka akun BRI Mobile. Dengan aplikasi ini, kamu bahkan tak perlu mengetikkan URL Internet Banking BRI di browser. Kamu cukup buka aplikasi dan bisa memantau pembayaran yang dikirimkan oleh pelanggan.

Semoga beberapa tips memulai usaha yang telah disebutkan di artikel ini dapat bantu kamu memulainya, ya! Selamat berjuang dan semoga sukses hasilkan untung.

Bantu Share Ya : )