Bagaimana Cara Transfer Uang Lewat ATM?

cara-transfer-atm

Ketika baru pertama kali memiliki atm, mungkin anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara transfer uang lewat atm? Sebenarnya cara untuk transfer uang lewat ATM sangatlah mudah dan sederhana. Dibandingkan ketika anda harus melakukan transfer di handphone atau gadget lainnya, atau ketika melakukan transfer melalui teller. Tentunya anda tidak harus membawa-bawa uang yang akan anda transfer ke bank karena uang sudah ada di dalam tabungan anda. Anda juga tidak harus pergi ke bank yang berkaitan karena atm bisa ditemukan dimana-mana. Jika anda merasa kebingungan bagaimana cara melakukan transfer di atm silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Melakukan Transfer di ATM

Bank tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan uang atau menabung yang aman. Bank juga berfungsi sebagai media layanan transfer uang. Dulu kita menggunakan wesel untuk mengirim atau transfer uang. Tetapi penggunaan wesel ini sangat tidak praktis karena uang baru akan sampai beberapa hari kemudian. Dengan adanya bank, kita bisa melakukan transfer uang di mana saja, kapan saja, dan berapapun jumlah uangnya. Transfer uang bisa dilakukan dengan mesin atm atau bisa juga melalui gadget lewat aplikasi mobile banking atau internet banking. Lantas bagaimana cara transfer uang lewat atm? Apakah mudah atau sulit?

Ketika akan melakukan transfer melalui teller, anda akan agak kerepotan karena harus membawa uang ke teller. Kemudian menunggu uang dihitung terlebih dahulu. Sedangkan berbeda ketika anda memutuskan untuk melakukan transfer melalui atm. Bagaimana cara transfer uang lewat atm? Pertama, anda harus masukkan kartu atm terlebih dahulu ke dalam mesin. Setelah itu masukkan pin atm anda. Ingat jangan sampai salah. Kemudian pilih transaksi lainnya, biasanya ada di pojok kanan bawah sendiri. Pilih tombol transfer lalu pilih transfer ke sesama bank atau bank lain. Di beberapa bank biasanya ketika akan melakukan transfer antar bank, anda perlu memasukkan kode tertentu. Jangan khawatir karena biasanya akan diadakan informasi mengenai kode bank yang dibutuhkan.

Lalu masukkan kode bank yang anda tuju (jika ada) bersama dengan nomor rekening tujuan. Setelah itu masukkan nominal uang yang akan anda transfer. Sebagian bank menerapkan minimal transfer. Minimal transfer yang paling rendah adalah Rp 10.000,-. Tetapi ada juga bank yang menerapkan minimal transfer sebesar Rp 50.000,-. Setelah anda memasukkan nomor rekening dan nominal uang yang akan ditransfer, biasanya akan muncul nama pemilik dari rekening yang anda tuju. Periksa kebenarannya, jika sudah benar lanjutkan transaksi transfer dengan menekan tombol benar. Jika sudah mesin atm akan mengeluarka struk bukti transfer. Simpan bukti transfer ini jika memang diperlukan. Demikianlah jawaban dari bagaimana cara transfer uang lewat atm.

Bantu Share Ya : )