Berbagai Macam Harga Smartphone Yang Harus Anda Ketahui

Harga Smartphone

Seperti yang terlihat di pasar saat ini, beberapa vendor smartphone asal Cina terlihat begitu gencar dalam memperluas pangsa pasarnya di Indonesia dengan harga smartphone yang ditawarkan relatif lebih murah. Salah satu vendor asal negeri Naga Merah, Lenovo, bahkan sudah mulai melakukan manufakturnya di Indonesia pada keluarga seri A. Harga smartphone Lenovo seri ini sekitar USD 100 dan tercatat cukup sukses ketika dilepas ke pasaran.

Kesuksesan ponsel-ponsel asal Cina dalam mengekspansi pasar Indonesia bukan hanya diakibatkan oleh harga smartphone yang ditawarkan lebih murah, akan tetapi juga dihasilkan dari strategi marketing yang baik yang dilakukan oleh si produsen tersebut. Salah satu cara marketingnya adalah menyiapkan ponsel dengan dukungan 4G pada dua per tiga produk yang dimilikinya. Tentu hal ini sejalan dengan perkembangan pasar yang mulai meminati ponsel LTE tersebut. Hal ini juga sejalan dengan layanan operator dan infrastruktur yang disiapkan pemerintah yang sudah mulai berjalan dengan baik.

Serbuan vendor ponsel pintar asal Cina ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para produsen ponsel pintar tanah air. Keragaman produk yang dihadirkan oleh para vendor asal Cina dengan banderol harga smartphone yang lebih murah semakin membuat produk-produk Cina menjadi viral. Tentu hal ini mengakibatkan para produsen smartphone lokal semakin sulit bersaing di pasar sendiri.

Harga Smartphone Menentukan Pasar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keragaman produk memang menjadi opsi terbaik bagi banyak konsumen. Akan tetapi harga smartphone juga sering kali menjadi suatu pertimbangan tersendiri. Pada saat ini perkembangan smartphone, khususnya smartphone dengan ekosistem 4G LTE tergantung pada keadaan pasar. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, akan tetapi diseluruh dunia. Oleh karena itu, untuk para vendor smartphone lokal agar dapat tetap bersaing dengan vendor-vendor asal Cina, maka harus memberi tawaran nilai proposisi yang lebih tinggi dari fitur yang terdapat pada perangkat yang dipasarkan. Dengan begitu vendor-vendor lokal akan tetap mampu bersaing, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat merebut pasar dalam negeri dari serangan-serangan vendor smartphone asal Cina.

Tips Memilih Harga Smartphone Murah Dan Berkualitas

Setelah sebelumnya membahas mengenai faktor yang mempengaruhi harga smartphone di pasaran, maka tidak ada salahnya untuk membahas beberapa tips dalam memilih smartphone berikut ini.

  • Pastikan Anda Tidak Salah Memilih Smartphone

Tips pertama dalam memilih sebuah smartphone adalah memastikan bahwa smartphone yang akan anda beli tidak salah pilih. Setiap smartphone yang diapasarkan pastilah memiliki seri atau merek dagang tersendiri yang kadang-kadang perbedaannya tidak terlalu jelas. Harga smartphone yang beredar dipasaran pun sangat bervariasi. Maka pastikanlah smartphone yang anda pilih adalah smartphone yang tetap sesuai dengan keinginan anda. Jangan sampai anda salah membeli smartphone karena kesalahan mengidentifikasi seri ataupun tergiur dengan harga yang lebih murah.

  • Perhatikan Garansi Smartphone Tersebut

Tips ke dua yang harus anda perhatikan dalam memilih sebuah smartphone adalah mengenai garansi smartphone tersebut. Pastikan ponsel pintar yang akan anda beli memiliki garansi remsi dan garansi distibutor. Garansi sangat berguna sekali untuk melakukan klaim jika barang yang anda beli memiliki suatu kecacatan produksi yang berakibat pada suatu kerusakan. Jangan sampai anda tergiur dengan harga smartphone yang murah akan tetapi tidak memiliki garansi. Karena jika tidak ada garansi, maka anda tidak akan mendapatkan penggantian jika ternyata smartphone yang anda beli mengalami suatu kecacatan produksi.

  • Ketahui Jenis ROM Yang Digunakan

Jika anda berniat membeli smartphone yang dibuat oleh vendor asal Cina, maka anda harus mengetahui ROM yang digunakan. Hal ini menjadi penting karena biasanya jika mengandalkan ROM bawaan maka beberapa fitur dalam android khususnya Playstore sering kali bermasalah. Selain itu juga jika ROM yang digunakan adalah ROM distributor atau ROM bawaan, maka biasanya tidak ada pilihan bahasa Indonesia.

  • Ketahui Spesifikasi Smartphone Secara Lengkap

Selain mengetahui jenis ROM yang digunakan, sebaiknya anda juga mengetahui spesifikasi smartphone secara lengkap. Hal ini dimaksudkan agar smartphone yang anda beli memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Biasanya harga smartphone yang dibanderol dipasaran akan mengikuti spesifikasi smartphone tersebut. Semakin tinggi spesifikasinya, maka biasanya samakin mahal pula harga smartphone tersebut.

  • Pastikan Harga Smartphone Sesuai Dengan Budget Anda

Tips terakhir adalah memastikan smartphone yang anda beli sesuai dengan isi dompet yang anda miliki. Jika memang menginginkan smartphone dengan spesifikasi tinggi akan tetapi kantong anda belum mencukupi, maka alangkah lebih baik jika anda menyiapkan budgetnya terlebih dahulu. Dengan menyiapkan budget yang sesuai, anda tidak akan kecewa karena smartphone yang anda beli memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Harga Smartphone Terbaru Dan Termurah

Setelah membahas mengenai tips dalam memilih smartphone, berikut ini adalah beberapa daftar harga hp terbaru dan termurah. Karena telah banyak sekali yang membahas mengenai daftar harga smartphone pabrikan Cina seperti Lenovo, Xiaomi, Huawei dan lain sebagainya, maka daftar harga smartphone berikut ini merupakan daftar harga smartphone Wiko. Wiko sendiri merupakan merek smartphone asal Perancis yang terkenal dengan harganya yang murah dan kualitasnya yang telah diakui publik internasional.

Wiko hadir di Indonesia dengan menyasar pasar menengah kebawah. Harga smartphone Wiko dimulai dari 700 ribu hingga 3 juta rupiah saja. Berikut ulasannya.

  • Wiko Highway

Dengan membawa spesifikasi layar 5.0 inci dan RAM 2GB serta prosesor Quad Core 2 GHz, harga smartphone satu ini dibanderol seharga 3.7 juta. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera belakang 16 MP dan kamera depan 8 MP serta memori internal mencapai 16 GB.

  • Wiko Gateaway

Wiko Gateaway memiliki spesifikasi prosesor Quad Core 1.3 GHz dengan RAM 1 GB serta memori internal 16 GB. Kamera belakangnya berkapasitas 13 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk harga smartphone satu ini sekitar 2.1 juta saja.

  • Wiko Bloom

Dengan mengusung prosesor dan RAM yang sama dengan Wiko Gateaway, Wiko Bloom memiliki memori internal sebesar 8 GB dan kamera utama sebesar 5 MP. Harga smartphone satu ini hanya 1.1 juta saja.

  • Wiko Rainbow

Sedikit di atas Wiko Bloom, Wiko Rainbow dibanderol seharga 1.2 juta saja. Spesifikasinya tidaklah jauh berbeda, hanya saja Wiko Rainbow memiliki kamera utama sebesar 8 MP dan kamera depan 2 MP.

  • Wiko Leny

Terakhir adalah Wiko Leny  yang dibanderol dengan harga 1 juta rupiah saja. Smartphone ini memiliki memori internal 4 GB dan RAM 1 GB. Sedangkan prosesornya menggunakan Dual-Core 1.3 GHz. Untuk kamera, Wiko menjejalkan kamera 5MP pada bagian belakang dan 1.3 MP pada bagian depan.

Nah itulah berbagai macam serba-serbi mengenai harga smartphone, dimulai dari faktor yang mempengaruhinya hingga beberapa daftar harga smartphone. Semoga bermanfaat.

Bantu Share Ya : )