Cegah Serangan Jantung Dari Sekarang!

cegah_penyakit_jantung_dari_sekarang

Serangan jantung dapat datang kapan saja, oleh karena itu perlu dilakukan cara bijak untuk mencegah penyakit jantung sejak dini. Berikut caranya:

Konsumsi makanan sehat
Imbauan ini mungkin terkesan membosankan namun asupan makanan yang masuk ke tubuh memang memiliki peran besar dalam menurunkan penyakit jantung. Oleh karena itu perbanyak asupan buah dan sayur, biji-bijian, makanan dengan omega-3 seperti tuna.

Saat makan, kurangi asupan garam, lemak jenuh, permen, daging merah dan lemak trans. Lalu kurangi makanan dengan pengawet.

Jalani hidup dengan rileks dan tenang
Melakukan yoga, meditasi, atau hal-hal menyehatkan namun mampu menurunkan tingkat stres. Kondisi orang tertekan alias stres seperti marah dan benci mampu mengarahkan ke risiko serangan jantung.

Sarapan bubur gandum
Gandum mengandung beta-glucan, serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat penyebab sakit jantung. Ini membentuk gel tebal seperti pasta yang mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah penyerapan ke dalam aliran darah.

Jangan terlalu lama duduk
Penelitian menyarankan duduk selama 8 jam sehari meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes sebesar 40 persen. “Usahakan jangan duduk lebih dari 4 jam, cobalah sekali-kali berdiri,” kata John Buckley, profesor ilmu olahraga terapan di Chester University. “Maksimal duduk dua jam, selingi dengan berdiri 30 menit.”

Berhenti merokok
Jika Anda perokok, berhentilah merokok. Jika sudah memiliki niat dan mencoba namun gagal cobalah hubungi dokter atau klinik berhenti merokok terdekat untuk membantu Anda lepas dari tembakau.

Jangan hanya mengurangi rokok, tapi benar-benar stop. Orang yang merokok kurang dari lima batang rokok per hari pun bisa terkena masalah jantung.

Bantu Share Ya : )