Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Tahu

ciri-ciri_kolesterol_tinggi

Apa Anda sering sakit kepala? Tahukah Anda jika sakit kepala tersebut ternyata bisa menjadi indikasi kolesterol tinggi, lho, apalagi jika diiringi juga dengan rasa berat yang mengayut pada bagian tengkuk dan juga kaki bengkak.

Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang tengah dihasilkan tubuh, yakni hati dan dari luar tubuh seperti halnya pada makanan yang Anda konsumsi. Kolesterol ini berguna sekali untuk membentuk dinding sel. Dan harus Anda tahu juga bahwasannya tidak selamanya kolesterol tersebut dapat merugikan, sebab, sebenarnya kolesterol ini sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yakni kolesterol jahat (LDL) dan juga kolesterol baik (HDL).

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diketahui

Kolesterol ini termasuk di dalam silent killer, sebab walaupun tidak bergejala akan tetapi dapat berakibat fatal. Yang mana gejala-gejalanya tersebut bisa saja muncul pada penderita kolesterol tinggi, yakni tengkung yang terasa mulai berat, rasa kesemutan, kedua kaki bengkak, dan juga mudah sekali merasa lelah serta letih.

  • Tengkuk terasa berat. Kepala memang tidak akan terasa sakit, akan tetapi muncul rasa berat pada tengkuk dan juga pedal pada bagian pundak. Gejala yang lain adalah cepat mengantuk khususnya jika kadar kolesterolnya sudah mulai tinggi. Hal yang demikian ini terjadi karena kurangnya asupan oksigen dalam otak akibat dari pembuluh darah yang menyempit sebab timbunan lemak akibat dari kolesterol.
  • Rasa kesemutan. Kesemutan yang telah terjadi di dalam tubuh, atau pun anggota badan Anda, ini terjadi dikerenakan darah lebih cenderung kental. Kadar kolesterol tinggi juga menjadikan darah lebih kental, sehingga oksigen pun jadi berkurang.
  • Timbunan lemak pada kelopak mata. Perlu Anda tahu juga bahwasannya timbunan ini bisa saja terjadi karena kadar trigliserida tinggi dalam tubuh. Terjadi pada beberapa orang saja.
  • Mudah merasa lelah dan letih. Hal yang demikian ini terjadi dikarenakan plak yang telah terbentuk di dalam dinding arteri, akan sebabkan sumbatan, penyakit jantung koroner, atau pun penyakit mikrovaskuler koroner.
  • Kaki bengkak. Pada saat darah alami penyempitan dan asupan oksigen yang mulai berkurang, maka bagian tubuh akan lebih sering mendapatkan asupan darah sedikit adalah kaki. Kondisi akan sama seperti halnya pada saat terlalu lama Anda duduk dalam perjalanan.

Sebetulnya, kolesterol diperlukan untuk membangun dinding sel dan menjadi hormon. Kolesterol juga bermanfaat untuk membuat asam empedu, vitamin D, dan juga hormon steroid. Kolesterol jahat ini akan menajdi penyebab utama aterosklerosis, yakni proses pengarupan dan juga pengerasan di dinding pembuluh darah.  Untuk mencegahnya, melakukan cek darah di laboratorium merupakan cara paling akurat untuk mendeteksi kolesterol.

Demikianlah ciri-ciri kolesterol tinggi yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat bagi para pembacanya.

Bantu Share Ya : )