Ingin Tanaman Cabe Rawit Berbuah Lebat? Ini Caranya!

cabe rawit berbuah lebat

Mahalnya harga cabe rawit baru-baru ini membuat para penikmat cabe atau sambel menjadi resah, bagaimana tidak harga cabe dipasaran tembus hingga Rp.200.000 perkilogramnya. hal tersebut dikarenakan pasokan cabe dari para petani kurang dengan alasan cuaca yang menjadi penyebabnya. Nah bagi anda penikmat sambel yang berbahan dasar cabe rawit ada baiknya untuk berfikir menamnya sendiri dirumah, baik ditanam secara langsung ditanah atau didalam pot atau polibek.

Bagi anda yang sudah memiliki tanaman cabe rawit namun tidak kunjung berbuah atau memiliki buah tapi sangat sedikit, anda tidak usah bingung dan putus asa. Pohon cabe yang berbuah sedikit tentu ada yang salah pada tanamannya, baik dalam hal cara merawatnya atau pasokat zat hara pada tanah yang kurang. Untuk mengatasi hal tersebut berikut cara menanam cabe rawit berbuah lebat untuk anda.

Persoalan utama dalam menanam cabe umumnya terletak pada kurangnya asupan air. Ketika tanaman cabe sudah memunculkan buah terkadang kita sudah mantap dan senang, padahal justruĀ  pada saat itu cabe membutuhkan air yang cukup untuk melakukan pertumbuhan.

Demikian juga halnya dengan unsur hara, areal pertanaman cabe yang terlalu banyak diperlakukan secara kimia, besar kemungkinan unsur hara tanahnya banyak tertutupi oleh kadar kimia tersebut. Disamping itu dampak lain dari penggunaan bahan kimia untuk memperbaiki unsur hara tanah juga kurang bagus untuk kesehatan karena sayuran akan menyerap zat-zat kimia yang berbahaya untuk tubuh pada saat kita mengkonsumsinya.

Untuk membuat tanaman cabe rawit berbuah lebat, begini caranya. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan pupuk kompos atau pupuk cair organik. Penggunaan pupuk kompos/pupuk organik cair akan membuat tanah dan tanaman anda tumbuh dengan baik. Kelebihan lainnya adalah mudahnya untuk mendapatkan pupuk kompos berkualitas ketimbang pupuk kimia. Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian atau bahkan bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan limbah yang ada di sekitar anda.

Bantu Share Ya : )