Jenis Pendidikan Anak Dalam Keluarga yang Positif

pendidikan-anak-dalam-keluarga

Pendidikan anak dalam keluarga bisa dilakukan dengan berbagai cara, setiap orang tua tentunya memiliki caranya masing – masing. Ini menjadi sangat penting dilakukan karna bagaimana pun juga kelak anak akan menjadi generasi penerus bagi orang tuanya, nama baik keluarga besar tentu akan benar – benar dipegang oleh anak nantinya. Pemberian akhlak, budaya, nilai – nilai keteladanan pada anak akan sangat bermanfaat baginya, terlebih ini bisa menjadi penentu karakter akan pribadi seorang anak kelak. Ada berbagai nilai keteladanan yang bisa diajarkan pada anak dalam kehidupan sehari – hari, salah satunya adalah dengan cara memberikan contoh kebiasaan – kebiasaan yang rutin dilakukan. Nah berikut ini ada beberapa kebiasaan yang bisa anda ajarkan pada anak dalam keseharian anda bersamanya.

Ibadah

Aktivitas yang sudah pasti sering dilakukan dan disarankan dalam pendidikan anak dalam keluarga dan memiliki nilai yang sangat tinggi adalah ibadah, ini bisa menjadi bekal dunia dan akhirat bagi anak itu sendiri maupun kepada orang tua yang telah mengajarkannya. Pendidikan yang diberikan melalui kebiasaan beribadah maka bisa membentuk nilai keimanan dan ketaqwaan pada diri anak, harus disadari bahwa kebiasaan beribadah haruslah diajarkan secara langsung baik dari contoh atau pun pemberitahuan cara dalam melakukannya. Dengan kata lain bahwa kebiasaan ibadah tak bisa dilakukan oleh anak hanya dengan perintah atau doktrin saja melainkan melalui keteladanan orang tua itu sendiri, tak perlu susah – susah jika ingin anak rajin ibadah namun cukup dengan membiasakannya saja beribadah bersama anda dan keluarga atau dengan memberikan contoh bahwa anda memang rajin melakukan ibadah.

Belajar

Pendidikan anak dalam keluarga yang kedua adalah Membiasakan anak untuk senang membaca akan membuatnya menjadi pribadi yang lebih rajin dan gemar belajar berbagai hal baru, kebiasaan ini bisa anda ajarkan dengan membelikannya buku – buku cerita bergambar yang menarik. Bagi anda yang sudah berlangganan koran maka ini bisa menjadi media yang cukup baik untuk mencontohkan pada anak bahwa aktivitas membaca yang anda lakukan secara rutin memang mengasyikkan. Jika sudah mulai suka membaca maka anda bisa mengarahkan anak untuk suka menulis, hal ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya.

Disiplin

Penerapan disiplin akan sangat dibutuhkan oleh siapapun baik anda sebagai orang tua maupun anak, namun dalam hal ini disiplin yang diterapkan pada anak hanyalah sebatas jam makan, istirahat, berangkat sekolah, ibadah dan belajar.

Hemat

Berhemat menjadi salah satu pendidikan anak dalam keluarga yang wajib dimiliki oleh anak, ini bisa dilakukan dengan penerapan kebiasaan menabung. Anda bisa membujuk anak terlebih dahulu untuk menabung agar nantinya anak lebih mengerti bagaimana hasil dari selama ini dia berhemat, dia jadi tahu bagaimana sesuatu yang diinginkannya bisa terbeli dengan perjuangan melalui berhemat menyisihkan uang sakunya.

Bantu Share Ya : )