Mengenal Dekat Desain dan Spesifikasi Playstation VR

playstation-vr

Playstation VR mulai terdengar sejak Project Morpheus di GDC 2014. Setelah melalui periode pengembangan yang cukup lama, akhirnya Sony mengumumkan PS VR sebagai nama resmi dari perangkat tersebut. Kemudian pada bulan Maret, mereka mengonfirmasi tanggal rilis resmi dari PVR yakni tanggal 13 Oktober pada tahun ini. Jika anda merupakan penggemar game console, maka PS VR bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dilihat dari segi harga maupun konten. VR juga telah menjadi tema utama dari Sony pada E3 2016. Bagi anda yang sudah merasa penasaran, berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari PS VR.

Desain dan Spesifikasi PS VR

Jika dibandingkan dengan HTC Vive, maka desain dari Playstation VR ini memang masih kalah. Jika anda melihat gambar yang telah beredar, device dari PS VR begitu besar dan mendominasi wajah. Perangkat ini adalah rumah untuk layar OLED 5,7 inci dengan resolusi 1920×1080-pixel (atau 960×1080 untuk tiap mata) dengan refresh rate maksimal 120Hz. Lampu LED di sana bukan sekedar pemanis penampilan. Komponen tersebut dibutuhkan agar headset dapat tersambung ke unit PlayStation Camera. Playstation Camera merupakan perangkat wajib agar headset bisa bekerja. Alat ini dijual terpisah tetapi anda bisa membeli bundel lengkap PSVR. Adapun dua metode yang disediakan Sony antara lain menggunakan controller DualShock 4 atau PS Move. Selain itu, headset turut menyimpan sistem motion sensor enam poros, terdiri atas gyroscopethree–axis serta accelerometer.

Modul kotak yang menyertai PS VR tidak dimaksudkan untuk menambah komputasi Playstation 4. Processingunit tidak menyajikan tenaga CPU untuk GPU tambahan, dan tidak bisa diakses bebas oleh para developer. Komponen ini disiapkan untuk memproses audio 3D, menangani output VR ke TV, menampilkan interface di mode sinematik, serta menyuguhkan separate mode, di mana audio dan video di stream secara terpisah ke display. Soal game, saat ini PSVR boleh dikatakan sebagai salah satu headset VR dengan dukungan permainan terbanyak. Terdapat 53 judul, termasuk game-game yang sedang dikembangkan Sony ada di The Playroom VR. Setelah membicarakan seluruh desain dan spesifikasi, tentunya tidak akan lengkap tanpa informai mengenai harga. Sesuai janji, Sony menetapkan harga Playstation VR sebesar US$400. Setara dengan harga console. Tetapi harga ini belum termasuk Camera dan Move. Bundel Playstation VR yang lengkap dibandrol dengan harga US$ 500, sudah termasuk Camera, controller dan koleksi mini-game.

Bantu Share Ya : )