Mengenal Lembaga Pemerintah BKPM

bkpm

Apakah anda mengenal lembaga pemerintah BKPM? Badan Koordinasi Penanaman Modal yang selanjutnya disingkat BKPM merupakan sebuah lembaga yang menjadi penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah. BKPM memiliki tugas dalam mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. Di tahun 2009 lalu, BKPM mendapatkan pengembalian status dan menjadi kementrian. Maka dengan begitu lembaga ini pun dapat langsung melapor pada Presiden Republik Indonesia. BKPM memiliki sasaran untuk meningkatkan jumlah investasi yang lebih besar dari dalam maupun luar negeri. Selain itu juga untuk mendapatkan investasi bermutu yang dapat memperbaiki kesenjangan sosial dan mengurangi pengangguran.

Profil BKPM

Dalam perjalanannya, maka sudah ada beberapa prestasi yang pernah diraih oleh lembaga pemerintah BKPM. Misalnya di tahun 2008, BKPM memperoleh Sertifikat Persyaratan Sistem Manajemen Mutu untuk Wakil Ketua Unit Pelayanan Investasi. Lalu masih di tahun yang sama, lembaga pemerintahan ini mendapatkan penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2008 dengan capaian standar tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. Khusus untuk penghargaan yang satu ini diberikan kepada sang kepala yang menjabat saat itu. Di tahun 2010, BKPM mendapatkan penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara sebagai Pengelola Kepegawaian Instansi Pusat Terbaik Tahun 2010. Lantas di tahun yang sama pula, BKPM mendapatkan penghargaan dari pemerintah atas keberhasilannya mnenyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2010 dengan capaian standar tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan.

Pada tahun 2011, BKPM memperoleh penghargaan dari pemerintah atas suksesnya dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan tahun 2011 dengan standar tertinggi prestasi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. Berlanjut di tahun 2012, penghargaan atas sukses penyusunan dan penyajian laporan keuangan tahun 2012 dengan standar tertinggi prestasi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah. Dan terakhir di tahun 2013, BKPM mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2013 dengan peringkat ‘B’.

Berikutnya, jika berbicara dari tujuan pokok BKPM, maka tidak akan jauh dari melaksanakan koordinasi kebijakan dan pelayanan di bidang penanaman modal berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal ini sudah sesuai dengan tujuan didirikannya lembaga pemerintah yang satu ini untuk mengkoordinasikan penanaman modal yang ada di Indonesia, sesuai aturan yang berlaku.

Bantu Share Ya : )