Pembangunan Industri Pariwisata di Indonesia

industri-pariwisata

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu Negara dengan banyak sekali tempat pariwisata yang brilian dan menarik. Dengan berbagai macam budaya dan juga tempat eksotik maka sudah sepantasnya apabila Negara ini meningkatkan industri pariwisatanya sebaik mungkin. Pembangunan industri pariwisata di Indonesia sendiri memang lambat laun semakin meningkat dengan beberapa kebijakan kebijakan yang membantu tempat pariwisata yang potensial di Indonesia semakin berkembang, nah, bagi sobat yang penasaran, berikut ini adalah beberapa kebijakan yang dibuat untuki mendukung pembangunan pariwisata yang ada di Indonesia tercinta ini.

Kebijakan Pembangunan industri pariwisata di Indonesia

Sebagai salah satu sektor paling prospektif di Negara ini pariwisata memang membutuhkan kebijakan pembangunan yang lebih baik. Hal ini sendiri telah diambil oleh pemerintah dalam revisi terbaru untuk peraturan presiden pasal 39 tahun 2014 yang berisi mengenai bidang usaha tertutup dan juga usaha terbuka yang bersangkutan dengan penanaman modal untuk bisa lebih sederhana dan tidak terlalu restriktif. Selain itu sudah ditetapkan ada 10 tujuan prioritas pariwisata yang akan dibangun mulai dari Banten, Jakarta, Maltara, Babel, Sumut, NTB dan NTT, Sultra, Jateng dan juga Jatim. Modal yang digelontorkan untuk pembangunan industri pariwisata sendiri tidaklah sedikit karena mencapai 300 triliun rupiah jumlahnya.

Selain modal juga ada beberapa hal atau kebijakan menguntungkan yang diambil seperti contohnya tax allowance untuk kawasan pariwisata, fasilitas bea cukai yang memberikan pembebasan untuk biaya bea cukai pada jasa dan layanan yang berhubungan dengan transportasi, kesehatan, konstruksi dan juga pariwisata serta kebudayaan yang notabene memang sangat berhubungan satu sama lain, hal ini diambil dengan tujuan untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia. Selain itu kebijakan ini juga dipastikan akan memberikan pembangunan berkala pada fasilitas fasilitas penunjang di beberapa tempat tempat wisata di Indonesia sendiri yang pastinya kebijakan pembangunan industri pariwisata ini akan sangat berguna untuk kita semua baik wisatawan dan juga perawat tempat wisata itu sendiri memberikan keuntungan bagi setiap pihak yang terlibat.

Dengan bantuan pemerintah yaitu modal dan juga banyak sekali kemudahan yang diberikan, maka usaha serta beberapa hal yang dilakukan tersebut akan memberikan banyak kemudahan pada pedagang dan pengusaha kecil di dekat tempat pariwisata yang juga akan memberikan lapangan pekerjaan secara tidak langsung. Itulah informasi singkat mengenai beberapa kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah mengenai pembangunan pada industri pariwisata di Indonesia. Bagaimana menurut pendapat sobat pembaca sekalian? Apakah menurut sobat beberapa kebijakan ini bisa memberikan perubahan besar? Apapun pilihannya, pastinya solusi dan kebijakan ini akan memberikan kemajuan yang berarti di dalamĀ pembangunan industri pariwisata yang ada di indonesia kita dan menjadikannya lebih baik lagi.

Bantu Share Ya : )