Pola Hidup Dengan Menu Makanan Sehat

menu-makanan-sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung serat, vitamin, protein serta mineral yang sangat di perlukan oleh tubuh. Padatnya aktivitas dan kesibukan seringkali membuat kita mengonsumsi makanan instan yang belum terjamin kesehatannya. Hal ini membuat tubuh sering lelah bahkan terjangkit penyakit berbahaya yang amat sulit di cari obatnya.

Selain olahraga rutin, tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Lalu bagaimana menjaga agar tubuh tetap sehat? Berikut kami uraikan beberapa menu makanan sehat yang bisa anda terapkan setiap hari :

  1.  Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang beraneka ragam. Jangan hanya berpaku pada menu makanan yang sama setiap harinya. Selain mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan, juga akan membatasi anda untuk setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam satu makanan tertentu.
  2. Konsumsilah makanan yang mengandung serat seperti  buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Kebutuhan 20 – 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat. Buah-buahan dan sayuran berwarna hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk Antioksidan dan nutrisi lainnya yang terkandung dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya.
  3. Sebaiknya kurangi daging berlemak. Lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu. Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.
  4. Kurangi konsumsi lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur terhidrogenasi banyak digunakan pada makanan instan/ cepat saji.
  5. Konsumsilah protein seperti yang ada pada ikan maupun kacang-kacangan.
  6. Mempertahankan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium dari sumber-sumber rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak.
  7. Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral.
  8. Menjaga berat badan yang diinginkan. Neraca energi (kalori) asupan dengan keluaran energi. olahraga dan aktivitas fisik lainnya sangat penting untuk melengkapi menu makanan sehat setiap hari yang Anda konsumsi.

Selain memperhatikan menu makanan sehat diatas, amat penting juga bagi anda untuk memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  • Sarapan pagi yang tidak terlalu mengenyangkan.
  • Tidur minimal satu jam setelah makan malam, biarkan makanan tercerna.
  • Jauhkan dari porsi banyak, terutama makanan berkalori tinggi.
Bantu Share Ya : )