Tingginya Kualitas Freelancer Indonesia Di Mata Dunia

freelancer indonesia

Freelancer Indonesia–Tahukah Anda bahwa jasa freelance yang sedang booming saat ini telah membuat banyak orang membuka lapangan pekerjaan sendiri dan meraup keuntungan melimpah? Dan menariknya, keuntungan ini bernilai jutaan rupiah per bulan, hingga ratus ribuan dolar Amerika. Menggiurkan, bukan?

Hal ini sudah dibuktikan dengan survei yang dilakukan salah satu situs marketplace dan broker global, Angpao.id terhadap kecepatan pegerjaan proyek dan kualitas hasil pengerjaan yang dilakukan freelancer Indonesia. Bahkan Freelancer sendiri menyatakan bahwa logo situs marketplace tersebut dibuat oleh seorang freelancer asal Semarang, Jawa Tengah, bernama Edward Soetrisno. Yang kemudian medapatkan uang tunai sebesar US$ 15.000 dari Freelancer berkat kerja kerasnya.

Ada lagi yang menarik. Salah satu pengguna Freelancer, akun bernama First Dandy yang sudah menahun menjadi bagian dari freelancer Indonesia, telah mengantongi hingga ratusan ribu dolar Amerika sebagai pendapatan bersih dengan reputasi yang cukup tinggi di kalangan freelancer dunia. Sebagai salah satu contoh freelancer sukses, First Dandy telah membuktikan pada dunia bahwa Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia yang berkualitas bagus dan mampu mengerjakan proyek bernilai tinggi.

Kualitas Tinggi Freelancer Indonesia Masih Bertarif Dibawah Standar

Sayangnya, freelancer Indonesia di negeri sendiri masih dipandang sebelah mata. Pekerja lepas ini masih dianggap kurang bergengsi, sehingga masih banyak masyarakat yang meremehkan pekerjaan ini. Dan standar tarif yang dipatok freelancer Indonesia tergolong sangat rendah, dimana jasa yang sama ditawarkan di Australia bisa mencapai tarif 2.000 dolar, sedangkan di Indonesia dipatok hanya 200 dolar dengan kualitas dan waktu pengerjaan yang sama. Ini jelas masih kurang menguntungkan bagi kelangsungan hidup freelancer.

Bayaran Sepadan Untuk Kualitas Tinggi

Freelancer mencatat sudah lebih dari 500ribu penggunanya merupakan freelancer asal Indonesia. Dan seiring perkembangan jaman, semakin banyak pula freelancer yang mencari peruntungan proyek dengan bayaran tinggi di situs outsourcing tersebut. Kebanyakan freelancer Indonesia bergerak dibidang designing, programming, dan writing dimana presentase tertinggi ada pada programming.

Jika sudah banyak freelancer yang menunjukkan kualitas baik dan ketepatan pengerjaan, maka sebaiknya mulai menaikkan tarif jasa. Selain supaya bisa bersaing dengan freelancer dengan kualitas sama dari negara lain, hal ini juga bisa menaikkan taraf hidup freelancer. Dan berpengaruh pada cara pandang masyarakat akan pekerjaan ini. Secara tidak langsung, freelancing sudah mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, maka ada baiknya freelancer juga dipandang sebagai pekerja mapan selayaknya pekerja tetap.

Kiat Menaikkan Kualitas Freelancer Indonesia

Untuk Anda yang baru saja berkarir sebagai freelancer Indonesia, simak kiat menaikkan kualitas freelancer agar mampu bersaing di dunia freelancing global :

  • Proyeksikan waktu pengiriman dan kualitas pengerjaan proyek. Buatlah komitmen panjang dalam hal ini, dan persiapkan materi secara matang yang sesuai dengan project brief.
  • Berkomitmen artinya bertanggung jawab 100% terhadap hasil pengerjaan. Jika klien mengajukan persyaratan dan Anda sudah setuju dengan itu, maka berikan kinerja terbaik dan raih kepercayaan klien.
  • Patok harga dengan jelas. Buatlah kontrak kerja jika perlu agar pembayaran sesuai dengan kesepakatan awal.
  • Komunikasi yang lancar dengan klien. Penting untuk menumbuhkan kepercayaan dan membangun reputasi di mata klien.
  • Terus belajar, dan jangan anggap remeh kualitas pengerjaan freelancer
Bantu Share Ya : )