Tips Mudah Turunkan Gula Darah Dengan Cepat

tips turunkan gula darah

Gula darah sebenarnya sangat baik untuk tubuh kita, karena gula darah merupakan sumber energi setiap sel yang ada dalam tubuh manusia. Namun jika gula darah pada tubuh berlebihan, maka akan berakibat  terjadinya penyakit komplikasi seperti diabetes hingga jantung.

Tinggi rendahnya kadar gula dalam darah tergantung dari jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi, serta kemampuan tubuh untuk mengolah insulin dalam tubuh yang mengatur metabolisme energi dalam tubuh. Gula darah perlu dikontrol agar tetap dalam kondisi normal yakni kisaran 90 mg/100ml atau setara dengan 5mm (mmol/l).

Banyak hal yang bisadilakukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi, dari minum obat, mengatur pola makan, dan lain-lain. Berikut tips mudah turunkan gula darah yang mungkin patut anda coba.

Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti berjalan atau berolahraga ringan secara teratur mampu membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh, karena dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin tubuh mampu menyerap gula dan merubahnya menjadi energi dengan baik, serta mampu meningkatkan metabolisme dan sensitivitas insulin secara menyeluruh.

Makan sedikit namun sering

Untuk menghindari meningkatnya kadar gula darah maka pola makan harus diatur, karena penyumbang terbesar kadar gula dalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi. Untuk menghindari lonjakan kadar gula maka aturlah pola makan yakni setiap 2-3 jam sekali dalam porsi yang sedikit, dalam artian makan sedikit tapi sering, diutamakan makanan yang kaya akan serat. Hal ini bertujuan agar menghindari pelepasan insulin secara besar dalam tubuh.

Berjemur di pagi hari

Sinar matahari pagi yakni sekitar pukul 07.00  hingga pukul 09.00 sangat bagus untuk kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol, kesehatan tulang, dan meningkatkan kualitas pernafasan. Sinar matahari pagi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi baru menemukan bahwa vitamin D hadir dalam sinar matahari pagi dapat membantu mengatur kadar gula darah pada diabetes tipe 2.

Itulah beberapa tips mudah turunkan gula darah dalam tubuh, mulailah pola hidup sehat sejak dini agar kesehatan selalu terjaga.

Bantu Share Ya : )